Bersumpah Pemuda Masa Kini

by | Oct 27, 2021 | Essai

Momentum Sumpah Pemuda adalah suatu pergerakan menuju kemerdekaan Republik Indonesia yang dilakukan oleh para pemuda dan pemudi Indonesia, dengan menyatakan janji satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.

Sumpah Pemuda adalah salah satu tonggak utama sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Sumpah Pemuda juga merupakan sebuah tekad dan semangat para pemuda-pemudi Indonesia untuk menegakkan kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajahan negara asing, yakni Belanda.

Sumpah pemuda dicetuskan pada tanggal 28 Oktober 1928 di Jakarta. Sumpah Pemuda terwujud dari Kongres Pemuda II yang diselenggarakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928. Peristiwa bersejarah itulah yang menjadikan bangsa Indonesia setiap tanggal 28 Oktober memperingatinya sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Pertemuan yang berlangsung secara heroik pada tanggal 27 sampai dengan 28 Oktober 1928 di Jakarta itu membuahkan pernyataan Sumpah Pemuda sebagai berikut.

SUMPAH PEMUDA
Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Keputusan Sumpah Pemuda menegaskan cita-cita terwujudnya tanah air Indonesia, bangsa Indonesia, dan bahasa Indonesia.

Ikrar ini mengkristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Ikrar Sumpah Pemuda membangkitkan jiwa dan sikap nasionalisme pemuda-pemudi Indonesia, dan seluruh rakyat Nusantara untuk menentang, melawan, dan mengusir para penjajah.
Sumpah Pemuda mengukuhkan dan mempertebal rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda memperluas usaha-usaha dan kegiatan demi tercapainya kemerdekaan Indonesia.

Sumpah Pemuda diharapkan menghapus rasa kedaerahan yang sangat kental yang selalu menjadi kendala dan penghalang rakyat Indonesia untuk bersatu-padu. Sumpah Pemuda mempersatukan potensi seluruh pemuda Indonesia.

Sumpah Pemuda menyatukan perjuangan bangsa Indonesia dan menjadi titik awal perjuangan para anak muda Indonesia.
Para pemuda dan pemudi ketika itu rela mengorbankan waktu, tenaga, pikiran, dan harta benda demi menyatukan bangsa Indonesia.
Mereka berhasil menggelorakan keutuhan dan persatuan Indonesia untuk menghadapi penjajah.

Semangat juang terus terpatri dalam diri, meski banyak rintangan yang harus dilalui.
Semangat membara anak-anak muda pencetus Sumpah Pemuda menambah energi positif para generasi penerusnya.
Sumpah Pemuda menumbuhkan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia dan menumbuhkan semangat juang dalam meraih tujuan bangsa.
Dengan memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ditandai dengan pembacaan naskah Sumpah Pemuda diharapkan tumbuh kebanggan dan rasa cinta tanah air yang membara.
Prasasti Sumpah Pemuda niscaya menginspirasi generasi muda masa kini untuk mengambil langkah dan melakukan sesuatu yang bermakna bagi bangsa Indonesia.

Sebagai negara yang kaya dengan beragam budaya, para generasi muda niscaya membela, mempertahankan, dan melestarikannya.
Ikrar Sumpah Pemuda menanamkan rasa bangga yang sewajarnya pada Bahasa Indonesia yang merupakan salah satu komponen pemersatu bangsa.
Bahasa Indonesia menjadi bahasa utama untuk berkomunikasi warga Indonesia dan menjadi bahasa resmi bangsa Indonesia yang tertera dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 Pasal 36: Bahasa Negara ialah Bahasa Indonesia.

Generasi muda Indonesia niscaya bangga dengan bahasa Indonesia, terlebih saat ini berbagai bahasa dunia menghampiri Indonesia dengan berbagai muatan kepentingan, baik ekonomi, politik, sosial, budaya, agama, maupun seni.
Untuk mengemukakan ide dan gagasan secara baik dan saksama, diperlukan keterampilan berkomunikasi secara verbal dengan bahasa, baik secara lisan maupun tulisan.
Ada orang yang terampil berbahasa lisan, tetapi kurang terampil dalam berbahasa tulisan. Demikian pula sebaliknya. Idealnya setiap orang Indonesia cakap berbahasa Indonesia, baik secara lisan maupun tulisan.

Kemahiran berbahasa Indonesia mempertebal rasa nasionalisme Indonesia.
Pada masa kini generasi muda niscaya membulatkan tekad dan bersumpah untuk membela negara dengan mempertahankan segala aset dan kekayaannya, mempertahankan kedaulatan dan wilayahnya, serta mengamalkan Pancasila, dan memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.

Selamat Bersumpah Pemuda!

Baca Juga

0 Comments

  1. Kalau penulis kurang jujur dalam menyajikan karya tulus, pasti dan pasti akan menyesatkan. Maka catatlah sejarah sebagaimana adanya. Syukur2 bisa…

  2. Sangat menginspirasi dan menopang semangat

  3. Sangat inspirasi, membantu menumbuhkan motivasi dan penopang semangat

Pin It on Pinterest

Share This