Zalim

by | Nov 14, 2021 | Essai

Zalim terkait legalitas kekuasaan. Jawara lebih mengandung makna sosiologis.

Jawara metatesis dari Jarawa. Jarawa adalah kelompok etnis pulau Andaman, India. Mereka didatangkan VOC pada XVIII M untuk dipekerjakan di sini dalam kerja-kerja kasar.

Gambaran kezaliman yang relatif utuh pada gambar di atas. Di Afrika jauh sebelum Renaissance ada Ratu yang singgasananya orang. Entah untuk berapa lama dalam sehari orang itu harus nungging macam itu.

Zalim adalah perbuatan yang secara moril dan materil merendahkan martabat kemanusiaan. Konstitusi dan perundangan demi menjunjung martabat kemanusiaan. Satu-satunya konstitusi tertulis era kerajaan di Andunisi hanya di kerajaan Wolio, Sulawesi Tenggara. Pada tahun 1599 Wolio mempermaklumkan konstitusi tertulis yang disebut Martabat Tujuh. Geestelijk hukum harus menjaga martabat kemanusiaan.

Ketentuan tentang PCR tidak menjaga martabat kemanusiaan. Kalau penguasa merasa dirinya tidak dihargai juga tergolong soal gangguan terhadap martabat, tapi apa parameternya. PCR bertarif juta-juta sangat mengganggu kemampuan rata-rata rakyat.

Sebenarnya publik akan mudah memahami perasaan penguasa yang terganggu itu kalau diberi percontohan. Karena ini kasus baru. Belum ada penguasa yang keluhkan hal ini. Protokol dalam International Conference memang Mr Ghairman dihormati. Ini case yang berbeda.

Mudah-mudahan perkara dapat duduk dengan sepertinya.

RSaidi

Baca Juga

0 Comments

  1. Kalau penulis kurang jujur dalam menyajikan karya tulus, pasti dan pasti akan menyesatkan. Maka catatlah sejarah sebagaimana adanya. Syukur2 bisa…

  2. Sangat menginspirasi dan menopang semangat

  3. Sangat inspirasi, membantu menumbuhkan motivasi dan penopang semangat

Pin It on Pinterest

Share This