Yok, Mengenal Jurus-Jurus Wushu Aliran Utara (Chang Quang)

by | Jul 30, 2021 | Olahraga

Bagi pecinta olahraga bela diri di tanah air mengikuti klub olahraga dan berlatih bersama pelatih dan teman-teman tentu sangat menyenangkan. Di samping memiliki sahabat-sahabat baru yang satu angkatan dengan kalian, juga dapat mengenal disiplin latihan yang diberikan pelatih profesional.

Dalam rubrik olahraga kali ini Kakak akan menulis tahapan latihan salah satu nomor wushu yang dikenal dengan 64 jurus Chang Quan.

Jurus yang berkembang di Cina bagian utara ini memiliki ciri khas pada kelenturan, kelincahan dan kecepatan gerakannya. Lebih banyak menggunakan teknik melompat, menendang dan menghindar dengan kuda-kuda kokoh dan indah. Latihan dimulai dengan dengan lari selama 3 – 5 menit sebagai bagian dari pemanasan (warming up).

Kemudian dilanjutkan perenggangan, dengan menggerakkan ujung kepala atau tubuh bagian atas, leher, tangan, pinggang dan kaki sesuai standart pemanasan wushu. Melakukan dengan benar, utuh dan menyeluruh dengan hitungan 8 -10 kali tiap gerakan. Keseriusan kalian mengikuti warming up secara utuh dan menyeluruh sangat dianjurkan untuk merubah tubuh.

Merubah tubuh maksudnya adalah, tubuh yang biasanya tidak melakukan aktifitas gerakan dengan mengikuti latihan wushu tentu tubuh kalian harus mulai aktif dan berubah dari kebiasaan tubuh sebelumnya.

Pada materi latihan berikutnya setelah warming up adalah berlatih dasar – dasar yang lebih dikenal dengan sebutan kuda-kuda Chang Quan seperti;
Ma Bu (Menunggang Kuda),Gong Bu (Kuda-kuda busur), Pu Bu (Kuda-kuda Jongkok), Xie Bu (Kuda-kuda Kosong) dan teknik tendangan seperti;

Shen Dui (Tendangan Lurus Ayun), Tan Dui, (Tendangan Snap), Wai Ba Dui (Tendangan Sabit Luar), Li He (Tendangan Sabit Dalam), Che Chuai (Tendangan Samping) serta Hou Sao (Tendangan Sapu Belakang).

Tentu di awal-awal latihan kalian tidak bisa melakukan 10 dasar Chang Quan sekaligus. Secara bertahap pelatih akan memberikan satu persatu dasar-dasar Chang Quan hingga kalian mampu melakukannya dengan baik.

Bagi yang memiliki bakat dan cepat menangkap materi dengan baik sepuluh dasar-dasar Chang Quan, akan dikuasai tidak lebih dari tiga bulan. Kalian bisa mempraktekkan teknik dasar tendangan dengan baik. Tetapi jangan khawatir bagi yang tidak bisa mempraktekkan 10 dasar-dasar Chang Quang dalam waktu 3 bulan tetaplah semangat karena semangat yang baik dari kalian adalah bagian dari pembentukan disiplin bela diri wushu.

Dan waktu 3 bulan bukanlah target yang harus dicapai diawal-awal latihan. Kalian perlu sabar dan tekun dalam berlatih!

Sampai disini dulu materi dasar berlatih Jurus Chang Quan Kakak berikan. Tetaplah semangat berolah raga dan usahakan materi yang diinginkan dapat diselesaikan dengan baik yah!

Sampai jumpa!

Jombang, 25 Juli 2021
Mansyur

Baca Juga

0 Comments

  1. Kalau penulis kurang jujur dalam menyajikan karya tulus, pasti dan pasti akan menyesatkan. Maka catatlah sejarah sebagaimana adanya. Syukur2 bisa…

  2. Sangat menginspirasi dan menopang semangat

  3. Sangat inspirasi, membantu menumbuhkan motivasi dan penopang semangat

Pin It on Pinterest

Share This