Wisata Religi

by | Dec 6, 2021 | Essai

Wisata religi adalah salah satu jenis wisata yang berkaitan erat dengan aktifitas ataupun tempat khusus yang berhubungan dengan aspek religi keagamaan. Wisata religi dimaknai sebagai kegiatan wisata ke tempat yang memiliki makna khusus bagi masyarakat beragama tertentu.

Tentunya di Nusantara banyak diwarnai wisata religi, di masing-masing Provinsi di Indonesia, sungguh hal yang sangat menarik bagi masyarakat di masing-masing wilayah. Memanfaatkan situasi yang ada melakukan perjalanan wisata, mengenal daerah yang menjadi tujuan wisata religi.

Sebagaimana dicuplik wisata religi yang berada di wilayah Kota-Kabupaten Pasuruan Jawa Timur, yakni makam KH Abdul Hamid, makam Mbah Slagah, makam Habib Alwi, wisata Cagar Budaya Pasuruan Kota. Dan banyak lainnya tentunya belum tersebut yang patut dikunjungi oleh masyarakat.

Diketahui bersama bahwa salah satu contoh, wisata religi KH. Abdul Hamid, setiap harinya selalu dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah, baik menggunakan kendaraan Bus, kendaraan pribadi roda 4/2.

Tempat area parkir wisata oleh pihak Pemerintah Daerah Pasuruan Kota dipersiapkan secara khusus, dengan demikian membawa nilai tambah bagi masyarakat, baik dalam hal memanfaatkan jasa Abang Becak, bentor menuju area makam KH. Abdul Hamid, disisi lain tentunya meningkatkan pertumbuhan ekonomi kerakyatan.

Belum lagi di waktu Haulnya KH. Abdul Hamid pada setiap tahunnya, banyak menjadi target kedatangan masyarakat dari berbagai wilayah Indonesia, mengunjungi dan melakukan doa bersama. Kepadatan sangat tampak sehingga diperlukan penataan berhari-hari untuk lancarnya kegiatan yang digelar setiap tahunnya.

Wisata religi merupakan budaya masyarakat, yang tidak akan terlepas begitu saja, oleh karena salah satusisi mengenang jasa dan perjuangan beliau dikala itu dalam penyebaran agama islam. Dan menjadikan aset Pemerintah Kota Pasuruan oleh karena juga meningkatkan sisi ekononi.

Disamping itu jika melaksanakan wisata religi di wilayah Pasuruan Kota, juga melakukan perjalanan wisata religi di wilayah Surabaya, Gresik, Lamongan, Tuban dan daerah lainnya, yang menjadi tujuan wisata religi.

Sby, 2 Desember 2021.

Baca Juga

0 Comments

  1. Kalau penulis kurang jujur dalam menyajikan karya tulus, pasti dan pasti akan menyesatkan. Maka catatlah sejarah sebagaimana adanya. Syukur2 bisa…

  2. Sangat menginspirasi dan menopang semangat

  3. Sangat inspirasi, membantu menumbuhkan motivasi dan penopang semangat

Pin It on Pinterest

Share This