VOC Sembunyikan Sejarah Perancis

Nov 19, 2021 | Essai

Views: 0

Indonesia dijajah orang Belanda (Obel) BUKAN oleh kerajaan Belanda. Baik V0C, Nederland Indie, maupun Javasche Bank dibentuk oleh Majelis Tinggi Yahudi “City of London” melalui Heeren van Zeventeen. Mereka Yahudi Belanda. Aneh! Kita berunding pada tahun1946-1949 melalui Linggar Jati, Roem-Royen, Renville, Konferensi Meja Bundar (disingkat KMB) bersama Pemerintah Belanda.

Rentang waktu penjajahan atau kolonialisme yang meliputi keseluruhan wilayah Indonesia, bukan hanya 350 tahun. Itu hanya angka pidato bukan fakta historis.

Berikut fakta hirtorisnya :

  1. Obel mulai datang ke Indonesia tahun 1602. Mereka terus berdatangan ke negeri ini. Aneh! Tanggal 30 Mei 1619 didirikan VOC sekaligus dianggap sebagai awal Indonesia dijajah. Saat itu JP. Coen bertemu Syahbandar Sunda Kalapa, Arya Rana Manggala, untuk meminta lahan, namun tidak diberi oleh Arya Rana Manggala (Re: van der Zee).
  2. Sejak tahun 1602-1619, Obel membayar penginapan di loji Sunda Kalapa. Kemudian tahun1619 Obel ada yang tetap di loji Sunda Kalapa ada pula yang pindah ke Pulau Onrust. Pulau Onrust menjadi markas mereka sampai dengan tahun 1707. Pada tahun 1707 didirikan Stadhuis Balai Kota yang bukan pusat pemerintahan penjajah. Kemudian tahun 1799 VOC dinyatakan bubar karena bangkrut.
  3. Pada tahun 1799-1808 terjadi “Vacuum of Power”. Tahun1808-1825 Daendels Perancis membentuk Nederlands Batavia dan mengedarkan alat tukar.
    3.1. Pusat Nederlard Batavia mula-mula berada di gedung yang didirikan Perancis. Sekarang beralih fungsi menjadi museum Seni Rupa. Tak lama kemudian Daendels pindah karena orientasi ekonomi Daendels bukan pada bisnis konvensional yang perlu dekat dengan pelabuhan tetapi tertuju pada emas.
    3.2. Daendels menugaskan Luitenant (zeni) Gambier untuk mempersiapkan lahan di selatan untuk bangunan dan defile militer. Kemudian bekend dijadikan sebagai lapangan Gambir (diambil dari nama Luitenan Gambier). Perkantoran di Lapangan Banteng, gedung-gedung di Pejambon dan istana Darndels di Gambir. Semua itu tentu memerlukan fulus, bukan?
    3.3. Daendels membuat Jalan Pos Anyer-Panarukan. Mengapa melalui Sumedang? Ini karena adanya gudang mas di sana. Lantas mengapa juga mesti Panarukan? Sebab, zona ekonomi dimulai dari Tuban, Gresik Pasuruan, hingga Panarukan.
  4. Tahun 1825 keberadaan Perancis berakhir. Pada tahun itu juga berdiri Nederlands Indie. Kemudian berlangsung perang Diponegoro. Pada tahun 1828 berdiri Javasche Bank. Format tersebut berlangsung hingga tahun 1941.
    Jadi silakan dihitung berapa tahun sebenarnya Obel menjajah Indonesia?

RSaidi

Baca Juga

0 Comments
  1. Kalau penulis kurang jujur dalam menyajikan karya tulus, pasti dan pasti akan menyesatkan. Maka catatlah sejarah sebagaimana adanya. Syukur2 bisa…

  2. Sangat menginspirasi dan menopang semangat

  3. Sangat inspirasi, membantu menumbuhkan motivasi dan penopang semangat

Pin It on Pinterest

Share This