Umberto Eco, Inspirasi Kosmologi dan Geopolitik

by | Sep 7, 2022 | Opini

Oleh : Hendrajit

Saya tercerahkan oleh cerita singkat Umberto Eco ketika menyiapkan novelnya yang terkenal The Name of the Rose. “Saya tiba-tiba memahami bahwa menulis sebuah novel tak ada hubungannya dengan kata-kata. Menulis novel adalah soal kosmologis. Artinya, untuk menciptakan sebuah kisah, pertama-tama kau harus membangun sebuah dunia, melengkapinya sebanyak mungkin, sampai ke benda-benda yang terkecil.”

Jadi benar menulis novel memang bukan soal menyusun kata-kata hampa makna. Maka dalam cara pandang novel sebagai soal kosmologis ini berlaku ungkapan Rem tene, verba sequentur. Pahami dulu makna kata katanya, lalu ciptakan sosok yang pas untuk menembakkan kata-kata tersebut.

Makanya menarik ketika dua sosok yang bertentangan dan bertolak belakang, William tokoh utama panutan Adso ketika menembakkan kata-kata “yang kutakuti dari kesucian adalah ketergesaan” dan ketika Jorge (tokoh jahat yang bertolak belakang dengan sosok William ) berkata dengan menggunakan istilah yang sama, “keadilan tidak diilhami oleh ketergesaan.” Sama-sama menyebut kosa kata “ketergesaan” namun pembaca menangkap makna yang berbeda dari istilah itu ketika ditembakkan oleh dua tokoh yang bertolak belakang dari novel itu.

Mengapa? Dalam alur pikir Umberto Eco, subyek mengikuti kata-kata. Bukan sebaliknya.

Pemahaman Eco tentang novel sebagai masalah kosmologis, sangat menginspirasi saya dalam mendalami ilmu geopolitik. Geopolitik akan lebih mudah dipahami orang dengan memahami kosmologi. Pahami dulu dunianya, pahami dulu kodratnya lingkungan dan tempatnya, baru kemudian pahami para aktornya. Apa peran yang mereka mainkan sesungguhnya?

Kadang, setting panggung teater bukan saja mampu membentuk watak para aktornya, bahkan bisa mengilhami munculnya tema.

Baca Juga

0 Comments

  1. Kalau penulis kurang jujur dalam menyajikan karya tulus, pasti dan pasti akan menyesatkan. Maka catatlah sejarah sebagaimana adanya. Syukur2 bisa…

  2. Sangat menginspirasi dan menopang semangat

  3. Sangat inspirasi, membantu menumbuhkan motivasi dan penopang semangat

Pin It on Pinterest

Share This