Tingkatkan Performa Laptop dengan SSD

by | Jul 30, 2021 | Teknologi

Pada tulisan ini, saya ingin membagikan pengalaman saya untuk mengatasi performa laptop yang lemot karena spesifikasinya yang kurang powerfull. Laptop yang saya ceritakan adalah laptop yang dikeluarkan oleh Asus dengan tipe X441S.

Laptop Asus ini dibekali prosesor Intel Celeron dengan VGA Intel HD Graphics yang terintegrasi, RAM 2 GB, serta Harddisk 500 GB dengan rata-rata kecepatan write dan read yang rendah, yaitu sekitar 82 MBps untuk kecepatan baca dan 79 MBps untuk kecepatan menulisnya.

Pada umumnya, untuk mengatasi performa laptop yang kurang, yang utama menjadi sorotan biasanya adalah RAM yang diupgrade untuk meningkatkan kemampuan multitasking laptop yang lebih mumpuni. Akan tetapi, laptop Asus X441S ini memiliki jenis RAM tanam atau RAM soldered di Motherboardnya, sehingga langkah untuk upgrade RAM untuk meningkatkan performa tidak bisa dilakukan.

Meskipun demikian, metode untuk meningkatkan performa laptop tidak berhenti di sini saja. Seiring dengan perkembangan teknologi, jenis penyimpanan pun semakin berkembang yang ditandai dengan adanya SSD, yang mana SSD ini bisa menjadi alternatif untuk tingkatkan performa laptop.

SSD itu sendiri adalah singkatan dari Solid State Drive. SSD ini adalah sebuah penyimpanan yang kecepatan menulis dan bacanya jauh lebih cepat ketimbang Harddisk. Kita ketahui bahwa SSD memiliki beberapa tipe yaitu SSD 2.5 inch SATA, SSD mSATA, SSD M.2 SATA, SSD M.2 NVME, dan SSD PCIe, yang mana dari berbagai tipe SSD tersebut untuk penggunaannya cukup disesuaikan dengan apa yang support dengan perangkat yang kita miliki.

Dikarenakan pada laptop Asus X441S hanya support port SATA untuk HDD/SSD 2.5 inch yang sudah digunakan oleh Harddisk. Maka saya memindahkan Harddisk pada port yang digunakan untuk DVD ROM dengan bantuan alat bernama HDD Caddy. Sehingga tersedia tempat untuk SSD 2.5 inch SATA. Setelah saya memasang SSDnya. Saya hanya menggunakan SSD untuk mewadahi Operasi Sistem, dan untuk data tetap pada Harddisk yang terpasang pada HDD Caddy tadi.

Setelah memasang SSD dan mengatur operasi sistem, laptop yang tadinya lemot berubah menjadi laptop yang siap untuk multitasking aplikasi, walaupun masih dengan Intel Celeron dan RAM 2 GB. Masih digunakannya prosesor dan RAM yang tergolong rendah tadi masih menyisakan catatan bahwa aplikasi yang lancar untuk multitasking bukanlah aplikasi yang sangat berat seperti Game yang membutuhkan performa grafis yang mumpuni.

Untuk lebih jelas mengetahui peningkatan performa laptop, saya juga menguji kecepatan SSD dengan aplikasi CrystalDisk Manager, yang ditemui memiliki kecepatan baca sekitar 558 MBps dan kecepatan menulis sekitar 495 MBps. Jelaslah bahwa SSD ini memiliki kecepatan read dan write yang jauh lebih unggul ketimbang Harddisk tadi, yang tentunya bisa mendongkrak dan mengatasi performa laptop yang lemot agar lebih baik.

Pekalongan, 28 Juli 2021

Baca Juga

0 Comments

  1. Kalau penulis kurang jujur dalam menyajikan karya tulus, pasti dan pasti akan menyesatkan. Maka catatlah sejarah sebagaimana adanya. Syukur2 bisa…

  2. Sangat menginspirasi dan menopang semangat

  3. Sangat inspirasi, membantu menumbuhkan motivasi dan penopang semangat

Pin It on Pinterest

Share This