Stagnasi Langkah ke Depan Penanganan Virus Covid-19

by | Aug 22, 2021 | Opini

Waktu berjalan cepat dan tidak terasa pandemi covid 19, dengan berbagai varian yakni Delta, Kappa, Lamda melaju. Mengiringi terinfeksi dan terpaparnya korban, masuk dan keluar perawatan Rumah Sakit rujukan, rumah sakit lapangan dan banyak juga didominasi Isolasi mandiri di rumah masing-masing serta teriring korban meninggal dunia setiap harinya. Lalu lalang Mobil ambulans membawa jenazah melewati jalan raya protokol kerap sekali. Hal ini membuktikan bahwa terpaparnya korban meninggal dunia tidak dapat dihindari. Di sisi lain berkumandangnya pengumuman di Masjid-masjid pada setiap harinya yang dilakukan oleh Takmir masjid dengan mengucapkan “Innalillahi wainna ilaihi roji’un”, telah meninggal dunia Bapak/Ibu, semoga husnul khotimah.

Sampai kapan pandemic virus covid 19 akan berhenti? Tidak ada yang bisa menjawab kapan akan berhenti, bagaimana ke depannya jika pandemi virus covid 19 selalu berdampingan setiap saat pada manusia. Jika ditinjau waktu berjalan dua tahun, korban selalu mewarnainya. Jikalau pandemi terus berjalan karena hantu virus covid 19 indikator bermutasi varian-varian baru dan tidak diketahui tingkat ketajamannya dan sejauh apa sebarannya, maka akan memberikan dampak penghantuan terhadap manusia pada setiap waktu.

Perkembangan korban terinfeksi corona virus 19 selalu silih berganti pada setiap harinya. Hal ini menunjukkan bahwa jumlah penduduk pada setiap Kabupaten/Kota secara sadar dan tidak sadar akan terjangkit secara stimulus atas sebaran masif begitu besar. Tinggal menunggu waktu bagi manusia jika lengah dan sembrono tidak mematuhi ketentuan yang ada dan tingkat kesehatan dan kebersihan, maka akan terinfeksi atas interaksi sosial masyarakat yang tidak terjaga dengan baik.

Bagaimana kondisi ke depan dengan bertahapnya vaksinasi yang mana masih memerlukan waktu cukup panjang. Setelah dilakukan vaksinisasi masih bisa terpapar corona virus 19, apakah dapat ditemukan jawabannya yang pasti? Hal ini membuat kebingungan secara psikologis dan beberapa pertanyaan yang tidak bisa terjawab dengan pasti keabsahannya.

Dengan situasi kondisi saat ini adakah langkah jitu mengantisipasi dengan tepat dan jalan keluar yang berani? Mengingat dampaknya tidak hanya menyangkut kesehatan, kesembuhan, ketenangan, dan kenyamanan manusia, tapi juga menyangkut aspek-aspek lain terkait masalah sosial ekonomi, sosial budaya dan sirkulasi semua aspek kehidupan manusia.

Apakah kondisi sebaran virus corona 19 yang begitu meningkat tajam, atas kehendakNya? Untuk memutar kembali perilaku dan tingkah laku manusia yang kebablasan? Ataukah virus corona ini perbuatan manusia untuk menciptakan kekacauan dan keresahan yang dapat mengakibatkan perang dingin dan ataukah perang terbuka?

Saat ini bagaikan jalan di tempat. Maju dan mundur, maju selangkah, mundur dua langkah dengan virus covid 19 tetap melaju. Seakan berjalan di tempat dan mundur menunai kehancuran pelan dan pasti. Langkah-langkah yang dilakukan tidak membawa perubahan penurunan terpaparnya virus covid 19 dan korban meninggal dunia sama halnya saat sebelumnya, hal ini menunjukkan situasi tragis dan kritis bagi kehidupan manusia saat ini.

Tinjauan dari beberapa parameter selama pandemi corona virus 19 dan langkah-langkah yang dilakukan tidak membawa perubahan secara maximal, maka dapat menjadi stagnasi langkah-langkah ke depannya, serta kegundahan kegelisahan skala nasional mengingat dampaknya sangat begitu besar dari segala aspek kehidupan dan segala sirkulasi manusia, perekonomian, kesehatan, pendidikan, perdagangan dan lain-lain dan secara otomatis menimbulkan dampak kemrosotan tajam.

Surabaya, 23 Juli 2021
Yudi E Handoyo

Baca Juga

0 Comments

  1. Kalau penulis kurang jujur dalam menyajikan karya tulus, pasti dan pasti akan menyesatkan. Maka catatlah sejarah sebagaimana adanya. Syukur2 bisa…

  2. Sangat menginspirasi dan menopang semangat

  3. Sangat inspirasi, membantu menumbuhkan motivasi dan penopang semangat

Pin It on Pinterest

Share This