Sarikat Dagang

by | Nov 27, 2021 | Essai

Sebagai bagian komunitas bisnis di zona-zona ekonomi, sarikat dagang telah berperan sejak Islam menguasai perdagangan di Andalusia pada Abad ke-15 Masehi. Sarikat dagang yang memilih Syahbandar antara lain Sarikat Dagang Islam Samanhudi di Solo. Samanhudi mendirikan koperasi batik Muslim dan non ideologi serta tak terpusat. Sarikat dagang di Jakarta didirikan oleh Tirtoadisuryo tahun 1909, sedangkan di Bogor didirikan oleh Bajenet tahun 1909.

Sarikat Dagang sejak berdiri anggota-anggotanya kebanyakan muslim. (lihat literatur). HOS TJokroaminito mengikuti Sarikat Dagang Islam (SDI) tapi tak ada kaitannya dengan aspirasi berdirinya Sarikat Islam (SI) pada tahun 1912. Sarikat dagang itu semacam Kamar Dagang dan Industri (KADIN), sedangkan SI bergerak di bidang politik. Sejarawan mengkait-kaitkan keduanya tanpa dasar.

Tidak perlu membandingkan dengan Budi Utomo tahun 1908 dan dianggap organisasi paling tua. Kita memiliki organisasi yang lebih tua lagi yakni Jamiatul Khair yang lahir tahun 1903. Itu namanya beradu tua!

Omar Said, pendiri SI dan Ali Surati pendiri Indian Moslem, disusul A. Muis kemudian. Ali Surati diduga sebagai pencetus ide perlunya organisasi Islam berideologi. Sementara Jamiatul Khair bersifat sosial. Kemungkinan Ali Surati juga berasal dari Pan Islamisme jaringan Pekojan.

Sarikat Islam (SI) mendapat pengakuan, RECHTSPERSOON, tahun 1913. Menurut A.P.E Korver tahun 1914, anggota SI sudah mencapai dua juta orang. Hal inilah yang menyebabkan waktu itu Yahudi Belanda yang beranggotan 85 orang dengan grupnya yakni Social Democratisch Partij dan Social Democratisch Actie Partij itu, berduyun-duyun datang ke Jawa dan mengontak Omar Said tahun 1914. Mereka meminta bantuan Omar Said karena dua grup yang dipimpin Sneevliet tadi ingin mendirikan Indische Social Democratisch Partij.

Dari sini kita dapat menarik pelajaran politik bahwa Islam sejak awal kemunculannya senantiasa dibayangi Yahudi.

Baca Juga

0 Comments

  1. Kalau penulis kurang jujur dalam menyajikan karya tulus, pasti dan pasti akan menyesatkan. Maka catatlah sejarah sebagaimana adanya. Syukur2 bisa…

  2. Sangat menginspirasi dan menopang semangat

  3. Sangat inspirasi, membantu menumbuhkan motivasi dan penopang semangat

Pin It on Pinterest

Share This