Renungan

by | Aug 10, 2021 | Essai

Sejahtera merupakan ungkapan yang sangat membahagiakan. Terbayang suatu kondisi yang membuat hati nyaman, aman dan tentram. Menurut penulis, sejahtera itu sesuatu yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata, namun merupakan suatu hal yang hanya bisa dirasakan.

Kesejahteraan bisa dirasakan seseorang apabila setiap helaan nafas selalu ingat akan pencipta dengan cara bersyukur kepadaNya. Ungkapan syukur bisa melalui ucapan dan perbuatan. Ucapan syukur kepada Illahi berawal dari hati yang sadar akan fungsi dan tujuan diciptakannya diri kita ke dunia. Apabila kita sadar akan itu, dunia akan terasa lapang. Takkan ada masalah yang terasa berat dan rumit, karena sadar diri sebagai salah satu makhluk Tuhan.

Makhluk diberikan dua otak, yaitu di kepala dan di dada. Otak yang di kepala berfungsi untuk berfikir. “Otak” di dada berfungsi pengendali, perasa dan banyak lagi, yang bisa menentukan arah diri itu sendiri nantinya. Ya, itulah Hati. Jadikanlah Hati kita untuk selalu tunduk pada Nya, agar Otak di kepala bisa selalu berfikir positif yang akan menunjang kehidupan ini. Karena hal buruk dan hal baik semua berasal dari Sang Pencipta. Dari semua hal tersebut, kita bisa petik hikmah yang akan mendekatkan kita ke arah sejahtera yang diidam-idamkan insan.

Sejahtera itu akan datang dan lahir dari diri sendiri tanpa bergantung pada orang atau pihak lain. Tidak semua yang dikatakan sejahtera itu hanya tentang faktor ekonomi, namun ketenangan hati dan jiwa akan lebih membuat kita sejahtera. Carilah sejahtera yang hakiki, sesuai dengan petunjukNya.

Kita baru melangkah di awal untuk mencapai tujuan yang sebenarnya. Mari kita pagari hati dengan kekuatan iman dan tunduk pada Illahi. Agar sejahtera itu selalu ada dalam diri tanpa dicari, tapi datang dengan sendiri.

Bungo, Jambi, 08 Agustus 2021
Rickardo

Baca Juga

0 Comments

  1. Kalau penulis kurang jujur dalam menyajikan karya tulus, pasti dan pasti akan menyesatkan. Maka catatlah sejarah sebagaimana adanya. Syukur2 bisa…

  2. Sangat menginspirasi dan menopang semangat

  3. Sangat inspirasi, membantu menumbuhkan motivasi dan penopang semangat

Pin It on Pinterest

Share This