Rakernas DEKOPIN Soroti Digitalisasi Koperasi Masa Pandemi

by | Oct 11, 2021 | Warta Berita

Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) pada hari kedua Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang dilaksanakan pada Kamis (07/10/2021) di Hotel Suites Surabaya jam 09.00 – 24.00 WIB, menghadirkan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki sebagai pembicara pertama dalam pembekalan kepada peserta Rakernas.

Dalam paparannya bertopik “Peran strategi koperasi dan UMKM pada Pemulihan Ekonomi era Pandemi Covid19” di depan 150 peserta Rakernas Dekopin, menteri Teten Masduki menyampaikan informasi perihal Hasil survey dari beberapa lembaga (BPS, Bappenas, dan World Bank) menunjukkan bahwa pandemi menyebabkan banyak UMKM kesulitan melunasi pinjaman serta membayar tagihan listrik, gas, dan gaji karyawan. Beberapa UMKM sampai harus melakukan PHK.

“Beberapa UMKM sampai harus melakukan PHK. Kendala lain yang dialami UMKM, antara lain sulitnya memperoleh bahan baku, permodalan, pelanggan menurun, distribusi dan produksi terhambat,” tandas Teten Masduki.

Selain itu Menteri Koperasi dan UKM juga menyatakan saat ini Konsumen lebih banyak melakukan aktivitas di rumah dengan memanfaatkan teknologi digital, pelaku usaha termasuk UMKM perlu berinovasi dalam memproduksi barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan pasar dengan mengambangkan ide/gagasan.

“Pemerintah juga telah menyediakan insentif dukungan bagi UMKM melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di tahun 2020 dan dilanjutkan di tahun 2021,” kata Teten melanjutkan.

Di depan peserta kegiatan Rakernas yang dikomandoi oleh Nugroho Slamet Santoso sebagai penanggung jawab, Menteri Teten Masuki juga menandaskan peran koperasi sebagai suatu badan usaha yang bekerja sama dengan masyarakat dalam meningkatkan taraf perekonomian menuju lebih baik.

“Koperasi dianggap mampu menyentuh langsung masyarakat bawah, terutama para pelaku usaha yang terkena dampak pandemi. Selain itu koperasi juga diharapkan mampu menjadi motor penggerak ekonomi masyarakat seperti UMKM dan pedagang kecil untuk bangkit dan terus bergerak maju,” lanjut Teten Masduki.

Acara Rakernas Dekopin di Surabaya yang bertema “Revitalisasi Peran Dekopin mendorong Digitalisasi Koperasi di masa Pandemi” juga dihadiri oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang D, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang masing-masing hadir secara daring. Selain itu juga dihadiri oleh beberapa pejabat penting terkait. Para Menteri kabinet yang hadir juga berkesempatan memberikan materi pembekalan meski disampaikan secara daring.

Pada Rakernas Dekopin tersebut juga dibacakan Pernyataan Sikap dari 26 Dewan Koperasi Indonesia wilayah propinsi, 11 Induk Koperasi perwakilan Dekopin Daerah Kabupaten/kota yang hadir pada Rakernas 2021 tanggal 6-8 Oktober 2021, dengan ini menyatakan sikap sebagai berikut :

  1. Bahwa Ketua Umum DEWAN KOPERASI INDONESIA berdasarkan Musyawarah Nasional DEKOPIN Tahun 2019 adalah Dr. Sri Untari Bisowarno, M. A. P., sesuai dengan Anggaran Dasar DEKOPIN yang disahkan berdasarkan Keputusan Presiden No. 6 Tahun 2011;
  2. Bahwa DEKOPIN dibawah kepemimpinan Ketua Umum Dr. Sri Untari Bisowarno, M.A.P., telah melaksanakan berbagai kegiatan yang didukung oleh Permerintah, baik pusat maupun daerah, dan akan terus melaksanakan kegiatan tersebut hingga batas waktu periodesasi hasil Musyawarah Nasional DEKOPIN Tahun 2019 di Makassar;
  3. Bahwa DEKOPINWIL dan DEKOPINDA beserta anggota-anggotanya di seluruh Indonesia terus mendukung Rencana Strategis dan Program Pimpinan Dewan Koperasi Indonesia secara konsisten dan konsekuen;
  4. Bahwa DEKOPINWIL dan DEKOPINDA terus bersinergi dengan Pemerintah, baik Pusat maupun Daerah, dalam rangka melaksanakan Program Pembangunan Perkoperasian di seluruh Indonesia;
  5. Bahwa kami mendesak kepada Pemerintah untuk segera menetapkan DEKOPIN dibawah Kepemimpinan Dr. Sri Untari Bisowarno M.A.P. sebagai mitra strategis dalam melaksanakan berbagai kegiatan perkoperasian.

Acara Rakernas diakhiri dengan doa bersama dan penutupan, secara umum Rakernas Dekopin selesai berjalan dengan aman, lancar, dan kondusif. (017)

Baca Juga

0 Comments

  1. Kalau penulis kurang jujur dalam menyajikan karya tulus, pasti dan pasti akan menyesatkan. Maka catatlah sejarah sebagaimana adanya. Syukur2 bisa…

  2. Sangat menginspirasi dan menopang semangat

  3. Sangat inspirasi, membantu menumbuhkan motivasi dan penopang semangat

Pin It on Pinterest

Share This