PITUNG in Real Time

by | Dec 19, 2021 | Essai

Sumber:

  1. Margriet van Tiel, 1984, desertasi
  2. Kesaksian kerajaan Siak Sri Indrapura, 2017

Intro:
Litho atas dibuat orang Portugis tahun 1522.

Wa Item, Syahbandar Kalapa 1518-1540. Dalam litho Wa Item di kanan, yang tengah istrinya, wanita Porto. Ia jago Betawi. Sampai kini masih banyak Betawi pesisir yang sebut nama dia. Pitung generasi terkemudian.

Kemana Pitung melarikan diri?

Menurut Margriet van Tiel, Pitung setelah membunuh jago Glodok tahun 1886, dipenjara di Mester, kemudian loloskan diri lalu bunuh demang Kebayoran yang telah bunuh misannya bernama Ji’ih. Sejak itu Pitung melarikan diri hingga tahun 1893. Ia balik Jakarta 1894 dan tertangkap dan ditembak polisi Belanda di Pondok Kopi (Margriet van Tiel merujuk koran-koran semasa).

Ketua Bamus Suku Betawi 1982 Haji Oding menuturkan pengalamannya menjadi tamu di kerajaan Siak Sri Indrapura pada tahun 2017. Haji Oding diperlihatkan salinan surat Sultan Riau XVÍI M pada pemimpin negeri Betawi patih Majakatera/JAKARTA. Nomenclatur patih juga terdapat dalam perjanjian dengan Portugis tahun 1521.

Tuan rumah di Siak juga berkisah tentang anyaman bambu untuk simpan ikan tangkapan yang di zona econ Lingga disebut pitung merujuk nama Pitung yang perkenalkan model anyaman bubu untuk simpan ikan tangkapan. Kok Pitung? Menurut orang-orang kesultanan Siak, dalam pelariannya Pitung berdiam di Lingga selama tujuh tahun.

Time line persis:

  1. 1886 Pitung lolos dari bui, bunuh demang Kebayoran, lari ke pulau Lingga.
  2. 1886-1893 di pulau Lingga .
  3. 1894 ditembak mati di Pondok Kopi, Jakarta Timur

Kenapa Pitung lari ke Lingga?

  1. Zona econ Lingga di luar control Belanda.
  2. Profesi Pitung selama ini gusti (penulis perjanjian bisnis di zona econ Sunda Kalapa). Tidak susah bagi dia mencari kerja di Lingga.
  3. Hubungan kekerabatan Melayu Riau dengan Betawi sangat baik. Abdullah bin Abdul Kadir Munsyi pengarang Melayu XVIII M pernah tinggal enam bulan di Daleman, Kota Inten, Jakarta.

Demikian fakta dan data Pitung jago Betawi yang punya nama asli Salihun, merujuk van Tiel.

Baca Juga

0 Comments

  1. Kalau penulis kurang jujur dalam menyajikan karya tulus, pasti dan pasti akan menyesatkan. Maka catatlah sejarah sebagaimana adanya. Syukur2 bisa…

  2. Sangat menginspirasi dan menopang semangat

  3. Sangat inspirasi, membantu menumbuhkan motivasi dan penopang semangat

Pin It on Pinterest

Share This