Perjuangan Menegakkan Eksakta Negara

Sep 9, 2023 | Essai

Views: 0

Dalam dinamika bernegara pastinya ada hal-hal yang mutlak atau eksaktaistik. Pakem-pakem yang mutlak itu bisa berupa perintah dan larangan.

Format Perintah :

– Negara mutlak wajib memberi SSBU alias semua sepuh berhak uang pensiun (tak perlu menunggu negaranya kaya seperti dalam konsep negara-negara Barat)

– Negara mutlak harus menjadi alat pencipta keadilan

Format Larangan :

– Negara mutlak haram memilih-milihkan pacar kecuali jika negara dengan konsep komunis.

– Negara juga mutlak terlarang memilih-milihkan agama.

Namun, akibat ketidakpahaman, banyak eksakta-eksakta negara itu dilanggar. Perintah tak dikerjakan, justru suatu larangan malah dikerjakan.

Contoh telak adalah uang pensiun yang terdistribusi secara eksklusif dan konyol. Juga terlalu mencampuri ranah-ranah privat yang dimensinya abstrak. Kelalaian negara dalam menghayati pakem-pakem kenegaraannya dipicu desakan dari elemen-elemen dan sosio culture – sosio culture yang ada.

Inilah pentingnya semua lapisan masyarakat harus punya pemahaman tentang pernik-pernik bernegara agar layak disebut negarawan. Sehingga mereka mempunyai sikap-sikap elegan dan tidak mudah bertingkah merecoki pakem-pakem negara.

Semua rakyat wajib dipahamkan, karena rakyat punya hak berkumpul dan berserikat. Namun, jika entitas yang dibangun rakyat itu ajaran-ajarannya banyak bertentangan dengan pakem-pakem kenegaraan akibatnya bisa menyandera negara jika membesar. Negara yang mestinya diletakkan kepada basis-basis keilmuan yang ilmiah malah semua hal disandarkan kepada ranah-ranah yang masih abstrak.

Contoh telak ketika dimensi abstrak dipaksakan kepada negara oleh imperium Kristen. Eksaktanya bumi bulat. Bukan ceper. Tetapi konstitusi di jaman itu menasbihkan bahwa bumi ceper. Yang tak mempercayai kena sanksi hukuman yang sangat sadistik dari pihak gereja yang menegara pada jaman kuno dulu. Jadi, pelopor tingkah puritan bukan dari kalangan pemeluk Islam. Juga kepada kapitalisme yang terbukti gagal menciptakan keadilan.

Oleh karenanya, situasi politik hari ini perlu adanya PEN (Perjuangan Eksakta Negara) yang memperjuangkan keadilan di semua aspek sendi-sendi kehidupan.

imr

06.09.2023

Yudha Geminz FA21

Baca Juga

0 Comments
  1. Kalau penulis kurang jujur dalam menyajikan karya tulus, pasti dan pasti akan menyesatkan. Maka catatlah sejarah sebagaimana adanya. Syukur2 bisa…

  2. Sangat menginspirasi dan menopang semangat

  3. Sangat inspirasi, membantu menumbuhkan motivasi dan penopang semangat

Pin It on Pinterest

Share This