Perjuangan Kyoichiro Sugimoto sebagai Pendakwah di Jepang 

Aug 27, 2023 | Essai

Views: 0

TEN – Berdakwah di Jepang merupakan hal yang menantang. Setidaknya begitu yang dirasakan oleh Kyoichiro Sugimoto seorang pendakwah asal Jepang. Ia menuturkan bahwa populasi muslim di Jepang masih sedikit. Hal tersebut ia lihat sebagai peluang untuk melakukan dakwah. 

“Sekitar dua ratus ribu orang, kebanyakan orang luar Jepang,” ungkap Pendakwah asal Chiba tersebut dalam Seminar Internasional Dakwah di Jepang yang diadakan oleh World Halal Industrial Trade and Alliances (WHITA) pada Selasa, (22/8/2023). 

WHITA merupakan lembaga yang bergerak dalam bidang perdagangan halal. Visinya adalah membangun kehidupan sosial-ekonomi halal dengan mengedepankan kepentingan umat. 

Perjuangan Dakwah di Jepang

Mualaf asal Jepang tersebut menyebutkan orang Jepang mudah menerima Islam asal pendakwah bisa menerangkan Islam secara masuk akal. Sehingga, dalam berdakwah Sugimoto selalu menekankan bahwa Islam adalah agama yang rasional. 

Ancaman media yang menggiring pemahaman orang Jepang terhadap Islam selalu menjadi perhatian bagi Sugimoto. Untuk itu, Ia selalu meluruskan isu-isu yang melenceng tentang Islam dalam dakwahnya.

Tidak hanya fokus pada masyarakat luas saja, tetapi Sugimoto juga mencoba melakukan pendekatan kepada orang tuanya tentang Islam. Ia bercerita bahwa butuh waktu 20 tahun untuk meyakinkan orang tuanya bahwa Islam adalah kunci keselamatan.

Lembaga Dakwah di Jepang

Dakwah Sugimoto di Jepang didukung oleh lembaga dakwah di Jepang. Pendakwah asal Chiba tersebut menyebutkan bahwa Lembaga Dakwah Jepang berupaya untuk memproduksi Al-Quran dengan terjemahan bahasa Jepang. Ia menyebutkan bertujuan untuk memudahkan orang Jepang mengenal Islam lewat media Al-Quran. (nr/)

Baca Juga

0 Comments
  1. Kalau penulis kurang jujur dalam menyajikan karya tulus, pasti dan pasti akan menyesatkan. Maka catatlah sejarah sebagaimana adanya. Syukur2 bisa…

  2. Sangat menginspirasi dan menopang semangat

  3. Sangat inspirasi, membantu menumbuhkan motivasi dan penopang semangat

Pin It on Pinterest

Share This