Perayaan Proklamasi 1945, Memompa Semangat Warga

by | Aug 17, 2021 | Warta Berita

Musibah pandemi covid 19 yang melanda Indonesia tak terkecuali Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tak menyurutkan niat warga tingkat Pedukuhan di Pelem Kidul, Kelurahan Baturetno, Banguntapan, DIY untuk merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 tahun.

Pada Senin (16/08/2021) kemarin, ratusan warga dewasa, orangtua dan anak-anak dengan gegap gempita bersemangat ‘45 menderapkan langkah dalam iring-iringan pawai Kemerdekaan RI ke 76 tahun dengan mengelilingi wilayah RT 05/02 Kelurahan Baturetno, Banguntapan, Bantul, DIY. Tak hanya karnaval–yang dilaksanan dengan prokes ketat—disertai aneka busana zaman gerilya, warga RT 05/02 Pelem Kidul bahkan membagi-bagikan bingkisan kemerdekaan bagi segenap kepala keluarga yang berisi makanan dan minuman ringan wedang jahe, Kacang rebus, ketela, pisang rebus dan jagung. Khas zaman revolusi 1945.

Bingkisan yang dibagikan ke 105 KK tersenbut disiapkan oleh ibu-ibu PKK yang berpartisipasi berpeluh ria memasak bersama, sejak pagihari di dapur umum balai RT 05/02. Tercatat 150 bingkisan bagi warga berhasil disediakan. Bingkisan tersebut kemudian dibagikan oleh peserta karnaval ke tiap rumah di lingkungan RT 05/02.
Sukarban, ketua RT 05/02 kepada tintaemas.co.id menyatakan bahwa bingkisan tersebut sebagai tanda syukur dalam memperingati kemerdekaan RI ke 76 tahun, juga untuk mengenang pengorbanan para pejuang kemerdekaan dulu, yang tetap berjuang meski dalam kondisi prihatin, sakit, kekurangan makanan dan lain-lain.

“Mensyukuri makna kemerdekaan dengan mengingat jasa para pahlawan itulah niat dibagikannya bingkisan ke warga RT 05/02 Pelem Kidul,” Sukarban.

Pada malam harinya dilaksanakan tasyakuran kemerdekaan RI ke 76, dengan doa bersama di balai RT 05/02 yang juga dihadiri oleh anggota DPRD Kabupaten Bantul DIY, Teguh Santoso. Acara tersebut berlangsung dengan khidmat, dihadiri warga dan tokoh masyarakat namun dengan jumlah terbatas dan tetap menjaga protokol kesehatan.

Warga Pelem Kidul memang kerap menerima kunjungan dari anggota DPRD Kabupaten maupun DPRD Provinsi untuk bersilaturrahmi. Berbagai kegiatan dilaksanakan oleh warga, terakhir kerja bakti dibangunnya gudang di balai RT 05/02, Bedah rumah warga tidak mampu, perbaikan jalan, membangun kamar kecil balai RT, dan lain-lain.

Pada tasyakuran tersebut, dilaksanakan pula penyerahan potongan nasi tumpeng dari Kaur Keuangan Kelurahan Baturetno, Banguntapan, Bantul DIY Ibu Sugiyanti kepada ketua RT 05/02 Pelem Kidul Baturetno, disertai harapan agar para pengurus RT 05/02 dapat melaksanakan amanah warga dengan baik dan lancar.

Baca Juga

0 Comments

  1. Kalau penulis kurang jujur dalam menyajikan karya tulus, pasti dan pasti akan menyesatkan. Maka catatlah sejarah sebagaimana adanya. Syukur2 bisa…

  2. Sangat menginspirasi dan menopang semangat

  3. Sangat inspirasi, membantu menumbuhkan motivasi dan penopang semangat

Pin It on Pinterest

Share This