Pentingnya Peran Ayah dalam Pembentukan Karakter Anak

by | Nov 13, 2021 | Warta Berita

Hari Ayah 12 Nopember 2021 kali ini diperingati dengan moment spesial berupa webinar literasi “Ayahku Inspirasiku”. Acara yang diselenggarakan berkat kolaborasi In Silence Community dan Lembaga Perlindungan Tunas Bangsa (LPTB), Dinas Pendidikan Kota Bandung, Mariska Institute, Tintaemas dan PT Fokus Inovasi Terpadu.

Tema webinar “Ayahku Inspirasiku” diambil dari buku biografi Ayah Mariska Lubis yang ditulisnya dan telah di launching pada 2011. Namun tema tersebut diangkat kembali untuk menyambut pelaksanaan gerakan literasi nasional dan dilaksanakan bertepatan dengan Hari Ayah yang jatuh pada Jumat, 12 Nopember 2021.

Mariska Lubis pada presentasinya menyatakan bahwa sosok Ayah adalah figur yang mempengaruhi secara kuat watak dan kemampuan dirinya dalam menulis.

“Ketika kecil saya sudah ditinggal oleh Ayah yang merantau ke USA dan untuk mengobati kerinduan pada Ayah, saya menulis berlembar-lembar surat kepada Ayah,” kenang Mariska.

“Dari kebiasaannya menulis itulah, terbentuk karakter mandiri dan semakin mengasah kualitas tulisan, hingga dapat melanglang buana berjumpa dengan banyak kepala negara di dunia. Semuanya berkat kemampuan dalam menulis,” imbuh Mariska.

Sementara itu Kabid P3TK Disdik Kota Bandung Edi Suparjoto, S.Pd.,M.Pd dalam sambutan pembukanya menyatakan betapa pentingnya peran seorang Ayah dalam pembentukan karakter anak, yang antara lain juga dalam mendidik kemampuan literasi anak.

Hal tersebut juga diamini oleh Prita Pratiwi, Psikolog yang juga Kepala Kantor Pusat Dwipayana yang menceritakan pula pengalaman dan kesannya tentang sosok Ayah baginya adalah figur penting yang mempengaruhi jalan hidupnya sekarang.

“Ketika kecil saya sudah ditempa Ayah untuk melihat realitas kehidupan dengan cara mengamati perilaku manusia di pasar Banceuy,” papar Prita Pratiwi. Demikian pula disampaikan oleh Dr Sitti Hikmawatty, DCN, M.Pd, pemerhati anak dan Direktur LPTB tentang peran penting Ayah dalam menumbuhkan sikap-sikap positif anak.

Acara tersebut juga diramaikan dengan tanya jawab virtual dengan para peserta webinar yang berasal dari seluruh Indonesia.

Baca Juga

0 Comments

  1. Kalau penulis kurang jujur dalam menyajikan karya tulus, pasti dan pasti akan menyesatkan. Maka catatlah sejarah sebagaimana adanya. Syukur2 bisa…

  2. Sangat menginspirasi dan menopang semangat

  3. Sangat inspirasi, membantu menumbuhkan motivasi dan penopang semangat

Pin It on Pinterest

Share This