Pantai Cirewang, Pantai Unik yang Tercipta Semalam

Nov 8, 2021 | Jalan Jalan

Views: 5

Berperahu menyusuri sungai melewati hutan mangrove hijau hingga air yang dilalui pun seakan berwarna hijau pula. Sementara awan-awan putih berarak di langit laksana memayungi perjalanan kami hingga menuju dermaga. Suasana terasa hening, tak seorang pun yang berbicara seakan terbius oleh pemandangan sekitar yang memukau di antara tanaman bakau yang hijau. Hanya suara mesin perahu yang terdengar mengantar kami hingga tiba di dermaga. Masya Allah, pengalaman baru sungguh menakjubkan, adakah yang pernah mengalami seperti ini juga?

Setelah melewati sungai sepanjang 1 km, kita pun tiba di sebuah dermaga. Ketakjuban berlanjut ketika menebarkan pandangan ke sekitar dermaga. Keindahan sungai yang tadi kita lewati begitu nyata tak terlukiskan dengan sekadar kata-kata. Dari kejauhan tampak pula perahu lain yang datang mengantarkan penumpang menuju dermaga…

Perjalanan kita teruskan dengan berjalan kaki sekitar 5 menit melewati hutan mangrove lagi. Kali ini sambil meniti jembatan bambu. Walaupun penasaran untuk segera sampai dan melihat pantai yang dituju namun pemandangan berjalan beriringan sambil melihat pepohonan bakau di kanan kiri jembatan juga tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Setelah keindahan demi keindahan kita lewati, sampailah kini ke tempat tujuan utama. Sebuah tempat yang unik dan eksotis, Pantai Tanjung Cirewang namanya atau masyarakat sekitar biasa menyebutnya Teluk Sidaon. Letaknya di Desa Pangarengan, Kecamatan Legon Kulon, Kabupaten Subang. Dari perempatan Pamanukan kita dapat mengarahkan kendaraaan menuju arah utara. Jarak dari Pamanukan ke Cirewang sekitar 13 km.

Kehadiran pohon-pohon bakau yang menyisakan batang dan rantingnya berwarna coklat di sekitar pantai bahkan di tengah laut tampak eksotis. Apalagi ketika pepohonan itu disaput ombak berwarna putih yang menjadikan spot foto cukup menarik sehingga pengunjung pun tak melewatkan untuk mengabadikannya lewat jepretan kamera. Hmmm luar biasa, dengan hanya berbayar Rp15 ribu per orang kita dapat berperahu melintasi sungai, menikmati persona hutan mangrove sekaligus menikmati pemandangan pantai yang eksotis.

Keberadaan Pantai Cirewang di Subang memang tidak sepopuler pantai Pondok Bali dan Patimban. Namun bagi pemancing mania menjadikan Cirewang sebagai spot mancing favorit di pantura Subang. Di sini lain ketika Pantai Pondok Bali dan Patimban terus tergerus abrasi, Cirewang seakan memberikan harapan baru bagi masyarakat Subang yang ingin menikmati keindahan pantai berpasir dan berenang di pantai dengan aman. Sehingga pantai yang diresmikan sejak pertengahan 2013 menjadi tujuan wisata pantai utara Subang ini pun mulai terlihat geliatnya dan kini banyak juga wisatawan yang datang dari luar daerah Subang. Pantai Cirewang juga kaya akan kepiting karena di sekitarnya masih ditumbuhi pohon bakau yang cukup rapat. Selain itu perairan ini cukup tenang karena terhalang olehTtanjung Cirewang.

Tanjung Cirewang sebenarnya merupakan tanah timbul. Tanah berpasir seluas hampir sekitar 500 m2 ini memanjang lebih dari 1 km dari timur ke barat. Tanah timbul ini seakan menjadi penghalang alami kampung Cirewang dari hempasan langsung ombak laut utara. Menurut cerita juru perahu, tanah ini dulunya masih berupa laut hingga mesti dilalui perahu dan sekitar tahun 2000-an semuanya berubah. Bahkan waktu itu tanahnya lebih luas lagi. Kini luas tanahnya mulai bekurang akibat abrasi. Katanya lagi proses terbentuknya tanah timbul ini pun begitu cepat. inilah yang kemudian menjadi inispirasi untuk menamakan Pantai Tanjung Cirewang dangan sebutan Pantai Cipta Semalam.

Akses jalan menuju desa Cirewang ini memang belum mulus. Namun setidaknya sebelum sampai jalan yang tidak mulus kita sudah disuguhi pemandangan persawahan yang luas dan indah. Saat melewati jalan yang tidak mulus pun, kanan-kiri jalan kita masih dapat menikmati pemandangan rawa dan kolam air payau yang cukup menarik untuk diabadikan. Semoga saja pemerintah setempat segera memperbaiki akses jalan menuju desa Cirewang sehingga animo untuk datang ke tempat ini tidak terhalang lagi dengan kondisi jalan yang kurang bagus.

Bagaimana, tertarik untuk menikmati petualangan unik di Pantai Tanjung Cirewang atau Pantai Cipta Semalam? Jangan lupa tetap jaga kesehatan ya dengan mematuhi protokol kesehatan dan jangan buang sampah sembarangan, agar dapat menikmati petualangan dengan aman dan nyaman.

Baca Juga

0 Comments
  1. Kalau penulis kurang jujur dalam menyajikan karya tulus, pasti dan pasti akan menyesatkan. Maka catatlah sejarah sebagaimana adanya. Syukur2 bisa…

  2. Sangat menginspirasi dan menopang semangat

  3. Sangat inspirasi, membantu menumbuhkan motivasi dan penopang semangat

Pin It on Pinterest

Share This