Nono dan Idin

by | Dec 3, 2022 | Cerpen

Oleh: Yudha G

Bocah Nono hidup di gubuk rumah bambu bersama ibunya yang miskin di belakang rumah orang tua bocah Idin yang kaya. Orang tua Idin bisa dikatakan tuan tanah karena punya tanah di banyak tempat.

Nono dan Idin lahir ke dunia di tahun yang sama. Mereka sepantar.

Di sekitar gubuk keluarga Nono terhampar hutan bambu yang kalau siang adem oleh rerimbunnya. Jika malam hutan bambu tersebut gelap dan seram banyak hantu keluar dugem di diskotek gaib di hutan bambu tersebut.

Selain bambu juga banyak tumbuhan lain yang hidup subur secara liar. Ada mangga dengan buah lebatnya. Juga pohon buah sentul. Dan masih banyak lagi tumbuhan lainnya. Tak jauh dari hutan bambu ada persawahan dan kebun tebu.

Nono kecil kerap bermain di hutan dan persawahan tersebut. Ia sering main petik buah-buah dari alam sekitar gubuknya tersebut.

“Hati-hati, Nak. Semua tanah di sekitar rumah kita ini bukan punya kita. Pemiliknya juga galak-galak. Jangan main petik sembarangan” tegur Jessica, ibu Nono.

“Iya Mak. Nono juga mau tanya, itu Idin bebas banget metik-metik mangga di kebun sebelah rumah kita,” ujar Nono

“Itu kebun punya ayahnya Idin, Nak”

“Punya Nono mana, Mak”

“Hus, masih bocah ngomongin warisan tanah”

“Ya Emak. Lihat, Mak. Aku dan Idin itu sama-sama bocah makhluk Allah Swt. Lahir di tahun yang sama pula. Kenapa Idin bisa bebas metik buah, sementara aku tidak”

“Bocah cerdas,” Nono dielus rambutnya oleh ibunya.

Nono lahir ke dunia di tengah hamparan kebun nan subur dengan aneka buahnya yang menggiurkan. Padi juga subur di sebelah kanan gubuknya. Tapi, Nono sering kelaparan dan juga sering menelan ludah saja ketika tergiur ketika pohon mangga tetangganya itu ranum dan lebat menjuntai ke bawah bisa tergapai oleh tangan bocah tanpa perlu galah untuk memetiknya.

Abstraksi

YANGFA21

27.11.2022

11.47

Baca Juga

0 Comments

  1. Kalau penulis kurang jujur dalam menyajikan karya tulus, pasti dan pasti akan menyesatkan. Maka catatlah sejarah sebagaimana adanya. Syukur2 bisa…

  2. Sangat menginspirasi dan menopang semangat

  3. Sangat inspirasi, membantu menumbuhkan motivasi dan penopang semangat

Pin It on Pinterest

Share This