Nataru di Akhir dan Penghujung Tahun 2021

by | Dec 27, 2021 | Opini

Kalender kamtibmas dinamis dan statis di lembaran kalender tahunan tahun 2021 tinggal beberapa hari di tinggalkan menuju tahun 2022. Dari beberapa hari besar nasional, regional dan lokal banyak diwarnai agenda kegiatan masyarakat dan segala aktifitasnya, dan tak terlepas pada akhir tahun dan penghujung tahun banyak diwarnai musibah bencana alam yang menimbulkan korban meninggal dunia dan luka-luka, kerugian material dan non immaterial serta kerusakan alam.

Kejadian bencana alam pada sebuah negeri melingkar bagai bola, dan tentunya bencana alam tidak akan ada yang mampu menghentikannya karena kuasa Allaah Ta’ala. Oleh karenanya menjadi sebuah proses pembelajaran tiada henti bagi manusia untuk melakukan perubahan perilaku tingkahlaku menuju tatanan yang lebih baik.

Bisakah ada perubahan yang lebih baik, tentunya bisa oleh karena manusia makhluk yang sempurna, dan jika tidak ada perubahan bagi diri manusia maka alam akan murka. Hukum alam hukum yang tak terlihat atas kehendaknya Sang Pencipta, yang menciptakan segala isinya, apakah!, Dilupakan sebagai insan yang terlahir silih berganti masanya.

Atas dasar kepercayaan dan keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sebagaima yang termaktub pada Falsafah Bangsa Indonesia dan sebagai dasar Negara Republik Indonesia, bahwa Pancasila, pada alenea ke 1, berbunyi ” Ketuhanan Yang Maha Esa”. Hal ini sudah cukup mendasari yang paling dalam dan tidak perlu diperdebatkan.

Dengan masa akhir tahun dan penguhujung tahun 2022, tergelar agenda Hari Natal dan tahun baru pada setiap tahunnya dengan demikian bagaimana, dalam pelaksanaanya berjalan dengan lancar damai bagi pemeluknya. Dan kembali pada umat manusia yang beragam kepercayaan dan keyakinan sebagaimana agama yang dianutnya, dan semuanya demi kebaikan, kebagusan serta kedamaian umat manusia dan dunia, sebagaimana kalimat yang sering dikumandangkan “Rahmatan lilalamin”.

Dan diketahui secara bersama bahwa kedamaian bisa terwujud dengan kebagusan, kembali pada Ulama, Pemerintah dan Rakyat, jika kesemuanya dilandaskan pada kebersamaan, menjunjung tinggi azas harkat dan martabat manusia dihadapan Tuhan Yang Maha Esa, tentunya berjalan sesuai koridor yang benar.

Bumi pertiwi dan dunia serta seisinya umurnya sangat tua, pengisinya silih berganti jika tidak dilandaskan hal-hal yang pokok, pakem maka kedepannya keluar dari dua jalan yang lurus, di ibaratkan jalur kereta api, walaupun ada persimpangan jalan, sebagai tanda bahwa untuk berhenti dan tidak bertabrakan dan atau berhenti untuk pendinginan, perbaikan kerusakan mesin dan lain-lain.

Pada dasarnya insan manusia memahami hal-hal yang mendasar, pokok, pakem oleh karena dihadapannya di hadapkan pada generasi penerus, generasi pengganti. Jika pelan dan bertahap dibelokkan waktu perwaktu dan masa, maka akan terjadi kerusakan yang dibuat disebabkan faktor manusia, hal demikian yang mengkhawatirkan di masa kedepannya.

Semoga pada akhir tahun dan penghujung tahun 2021-2022, pada perayaan umat kristiani berjalan lancar damai selalu, dan damai pula pada penghujung tahun 2022. Walaupun terpaan bencana pandemic covid 19 mengguyur tajam umat manusia dan berbiaknya covid omicron, serta bencana alam gunung meletus, rob air laut, gempa bumi, angin puting belkung, banjir bandang dan semuanya berpulang pada manusia dan kehendak Allah Ta’ala.

Sby, 12 Desember 2021

Baca Juga

0 Comments

  1. Kalau penulis kurang jujur dalam menyajikan karya tulus, pasti dan pasti akan menyesatkan. Maka catatlah sejarah sebagaimana adanya. Syukur2 bisa…

  2. Sangat menginspirasi dan menopang semangat

  3. Sangat inspirasi, membantu menumbuhkan motivasi dan penopang semangat

Pin It on Pinterest

Share This