Musyawarah Besar ke XI Himpunan Pelajar Mahasiswa Alor (HIPMA) Yogyakarta

by | Sep 21, 2021 | Warta Berita

“Memimpin,Mengayomi dan Memperkuat Organisasi Dengan Spirit Kekeluargaan”

Akhir dari masa kepengurusan suatu organisasi ditandai dengan pelaksanaan suatu forum permusyawaratan pengambilan keputusan tertinggi atau biasanya disebut musyawarah besar (Mubes). Begitupun dengan HIPMA yang telah melaksanakan Musyawarah Besar ke XI pada Jum’at-Sabtu, 17-18 September 2021 di Café Taman Langit. Musyawarah Besar HIPMA Ke XI mengusung tema “Melalui Mubes Kita Munculkan Pemimpin Yang Kompeten Dalam Mengayomi dan Memperkuat Organisasi”. Meskipun di tengah kondisi pandemi covid-19 yang memberi dampak pada pembatasan segala bentuk kegiatan namun tanggungjawab pengurus HIPMA periode 2020/2021 yang begitu besar menuntut mereka harus segera melaksanakan Musyawarah Besar untuk mempertanggungjawabkan segala bentuk kinerja selama satu periode kepengurusan.

Berdasarkan form daftar hadir, pelaksanaan Musyawarah Besar HIPMA Ke XI di hadiri oleh kurang lebih 70 anggota HIPMA yang berada di Yogyakarta. Kehadiran sebagian anggota HIPMA tersebut karena panitia mengikuti protokol Kesehatan dan Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diberlakukan di Yogyakarta. Artinya di tengah kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat namun tuntutan organisasi untuk segera melangsungkan Musyawarah Besar maka panitia menyiasatinya dengan membatasi kehadiran para anggota HIPMA.

Hari pertama pelaksanaan Musyawarah Besar HIPMA Ke XI berhasil menyelesaikan dua (2) sidang pleno yakni masing-masing sidang pleno I untuk membahas dan menetapkan tata tertib Mubes dan siding pleno II untuk meminta, mengevaluasi dan menetapkan Laporan Pertanggungjawaban Kepengurusan Periode 2020/2021. Hari kedua pelaksanaan Musyawarah Besar HIPMA Ke XI dimulai pada Sabtu, 18 September 2021 pukul 11.00-selesai. Pada hari kedua ini agenda Musyawarah Besar membahas AD/ART HIPMA dan Pemilihan Ketua Umum HIPMA Periode 2021/2022.

Sebelum masuk dalam proses pemilihan Ketua Umum HIPMA, panitia pelaksana Musyawarah Besar telah menyebarkan form pendaftaran Calon Ketua Umum untuk kemudian diisi dan diserahkan kembali kepada panitia bagi anggota HIPMA yang ingin mendaftarkan diri sebagai Calon Ketua Umum HIPMA. Dalam mekanisme pemilihan Ketua Umum HIPMA tersebut, anggota HIPMA yang mendaftarkan diri sebagai Calon Ketua Umum HIPMA berdasarkan berkas yang diterima panitia pelaksana Musyawarah Besar hanya satu orang anggota HIPMA atas nama saudara Fahril Wawoseto.

Berhubung hanya satu orang yang mendaftarkan diri sebagai Calon Ketua Umum HIPMA maka proses pemilihan dilanjutkan dengan verivikasi syarat Ketua Umum berdasarkan pasal 11 (2) ART HIPMA. Calon tunggal Ketua Umum HIPMA tersebut lalu menyampaikan Visi Misi dan tanya jawab dengan peserta sidang Musyawarah Besar. Adapun Visi Misi Calon Ketua Umum HIPMA Periode 2021/2022 adalah sebagai berikut:

a. Visi
“Menjadikan HIPMA Sebagai Organisasi yang Kritis, Inovatif, dan Solutif dalam Dinamika Kebangsaan dan Kenegaraan”
b. Misi

  1. Menciptakan kader HIPMA yang kritis dalam melihat problem sosial
  2. Mewujudkan HIPMA sebagai organisasi yang mewadahi semua minat dan bakat anggotanya
  3. Mewujudkan HIPMA sebagai organisasi yang demokratis dan mampu mengayomi seluruh anggotanya.

Setelah penyampaian Visi Misi dan tanya jawab dengan peserta sidang Musyawarah Besar selanjutnya Calon Tunggal Ketua Umum HIPMA Periode 2021/2022 ditetapkan secara aklamasi sebagai Ketua Umum HIPMA Periode 2021/2022 berdasarkan Surat Ketetapan No.06/KMB/IX/2021 tentang Ketua Umum HIPMA Periode 2021/2022.

Adapun pesan yang disampaikan ketua umum terpilih bahwa dalam kepemimpinannya ini beliau meminta dukungan dari semua pihak untuk bersama-sama bergerak dan bergandengan tangan membangun satu kekuatan besar demi menjadikan HIPMA sebagai organisasi daerah yang dapat berprestasi di semua aspek kehidupan dan dapat berkontribusi pada kemajuan daerah tercinta, Kabupaten Alor.

Dalam sambutannya, Ketua Umum HIPMA Demisioner, saudara Kamarudin Dato berpesan bahwa “pertama-tama mengucapkan selamat atas terpilihnya saudara Fahril Wawoseto sebagai Ketua Umum HIPMA periode 2021/2022. Saya juga tidak lupa memohon maaf apabila dalam masa kepengurusan beliau selama 2 periode banyak kekurangan. Harapan beliau kegiatan yang berlangsung efektif di masa kepengurusannya agar tetap dilanjutkan dan apa yg kurang bisa di benahi oleh kepengurusan terpilih agar HIPMA terus eksis dan dapat menciptakan generasi muda Alor berkualitas yang akan mengabdi memajukan kampung halaman.

Semua harapan dan pesan yang disampaikan dalam sambutan-sambutan tersebut agar tidak menjadi kosong dan utopis maka ketua umum terpilih sebagai representasi seluruh pelajar dan mahasiswa Alor yang berada dalam naungan HIPMA Yogyakarta membutuhkan kerja sama timbal balik dengan asas kekeluargaan untuk mewujudkan Visi Misi Organisasi.

Semua upaya dan usaha yang dilakukan sebagai jalan untuk mencapai tujuan organisasi dapat berjalan sesuai dengan harapan semua anggota organisasi jika semua elemen yang berada di organisasi dapat mengaktualisasikan segenap potensinya yang bermacam-macam dalam diri setiap individu semata-mata demi kemajuan organisasi berdasarkan AD/ART HIPMA. Artinya suatu organisasi yang besar adalah organisasi yang dapat mewadahi potensi seluruh anggotanya untuk kemudian dapat memberi pengaruh positif pada organisasi tersebut. Dan harapan itu secara tersurat dan tersirat terkandung dalam visi dan misi Ketua Umum Terpilih HIPMA Yogyakarta periode 2021/2022.

Yogyakarta, September 2021
Kamaluddin Dato

Baca Juga

0 Comments

  1. Kalau penulis kurang jujur dalam menyajikan karya tulus, pasti dan pasti akan menyesatkan. Maka catatlah sejarah sebagaimana adanya. Syukur2 bisa…

  2. Sangat menginspirasi dan menopang semangat

  3. Sangat inspirasi, membantu menumbuhkan motivasi dan penopang semangat

Pin It on Pinterest

Share This