Muhammadiyah Mandiri Lagi Pula Tajir

by | Dec 7, 2022 | Essai

Oleh : Ridwan Saidi

(Foto Maesaroh Hilal pendiri HMI putri Kyai A. Dachlan pendiri Muhammadiyah)

Ketika minggu-minggu lalu ada Kongres Muhammadiyah sempat dikhawatirkan adanya oknum yang mau seret Muhammadiyah ke Istana. Kekhawatiran ini wajar karena di jaman Orla ada seorang tokoh. Muhammadiyah yang jadi Menko di kabinet juga mati-matian seret Muhammadiyah ke istana tapi gagal juga. Malah Muhammadiyah ikut pelopori kebangkitan Orde Baru.

Di jaman Masyumi, Muhammadiyah merupakan anggota Istimewa Masyumi. Tak ada kaitan dengan itu dalam struktur Muhammadiyah ada cabang istimewa yaitu cabang Muhammadiyah di luar negeri. Kini sudah 24 cabang luar negerinya, antara lain:

Amerika, Jerman, Inggris, Australia, Jepang, Arab Saudi, Turki, Rusia. Sekolah ada di Arab Saudi, Turki, dan kini lagi negosiasi tanah di Madrid, Spain.

Aset Muhammadiyah ditaksir senilai 30-40 T rupiah. Muhammadiyah tidak berhutang tapi punya piutang.

How come?

Ini soal manajemen yang baik dan pengendali manajemen yang baik juga Ternyata Islam bisa. Di perjalanan Muhammadiyah bertemu juga kegagalan namun tidak fatal.

Baca Juga

0 Comments

  1. Kalau penulis kurang jujur dalam menyajikan karya tulus, pasti dan pasti akan menyesatkan. Maka catatlah sejarah sebagaimana adanya. Syukur2 bisa…

  2. Sangat menginspirasi dan menopang semangat

  3. Sangat inspirasi, membantu menumbuhkan motivasi dan penopang semangat

Pin It on Pinterest

Share This