Miss World Malaysia Lavanya Sivaji dibully Netizen Indonesia

by | Oct 23, 2021 | Essai

Pasalnys Miss Sivaji mengatakan dirinya bangga memakai batik Malaysia, “Tengoklah gaun saye, bati’ Malaysia ni.”

Netizen Indonesia tersinggung karena batik buatan Indonesia. Begitu pendapat Netizen Indonesia.

Pada suatu hari di tahun 1968 Wakil Ketua MPRS Subchan ZE masuk ruang sidang diskusi memakai kemeja batik. Begitu prima tampilan Subchan dengan batik yang dikenakannya itu. Subchan sadar audience mengagumi batiknya. Subchan memulai ceramah dengan kata-kata, Jangan salah paham, yang saya kenakan batik Tanzania.

Ooookh… hadirin melongo. Tanzania di Afrika barat, ada batik? Siapa mau bantah informasi Subchan.

Tanzania termasuk dalam Civilization line Malay – Swahili. Yang ada dalam line ini mengenal batik. Batik mengalami kejayaan pada era Road to Samarkand sekitar XIII- XIV M, malah sebelum Chinese Silk Road.

Batik itu bahasa Hebrew yang artinya kain pembungkus. Jaman Now orang beradu kaya dengan lomba tas tangan. Semakin mahal kain pembungkus, atau kini tas tangan, makin bergengsilah yang bersangkutan.

Tak dapat diketahui lagi di mana persisnya batik dilahirkan. Di sini pernah populer baju Hawaii di tahun 1950-an. Hawaii coraknya batik.

Condet ada yang artikan codet, bekas luka. Ada yang artikan Ciondet atau kali Ondet
Kalau begitu ondet artinya apa. “Saya juga ga tau Be,” kata tukang tebak-tebakan sembari ngeloyor.

Condet adalah jenis ulat yang dapat dijadikan sutera. Condet pernah pusat pengrajin batik sutera. Corak yang terkenal Gringsing Wayang, baying-bayang partikel. Ampun CABE jadi ingat Nano Techno.

Home industry batik sutera di Condet hancur karena infrastrukrur industri dihancurkan Belanda pada tahun 1916. Tahun itu terjadi pemberontakan Haji Tong Gendut di Condet. Banyak juga Belanda yang mati.

RSaidi

Baca Juga

0 Comments

  1. Kalau penulis kurang jujur dalam menyajikan karya tulus, pasti dan pasti akan menyesatkan. Maka catatlah sejarah sebagaimana adanya. Syukur2 bisa…

  2. Sangat menginspirasi dan menopang semangat

  3. Sangat inspirasi, membantu menumbuhkan motivasi dan penopang semangat

Pin It on Pinterest

Share This