Menyoroti Borobudur 1

by | Nov 17, 2021 | Essai

Peran Semarang:
Rang memiliki arti zona econ, Samarang seperti halnya Amu-rang adalah zona econ. Zona econ lain dapat ditemukan pada Banda Aceh, Banda(r) Lampung, Banda(r) Sunda Kalapa, Banda Neira. Terdapat 22 total zona econ termasuk daerah tapal kuda Jatim: Tuban, Gresik, Pasuruan, dan Panarukan. Terbentuknya zona econ pada tingkat tertentu mempengaruhi volume peredaran alat tukar dan hampir serentak pada zona econ yang berdiri di abad IX M. Sampai munculnya mayor power system kerajaan pada abad XI M, tak satu pun zona econ yang tertakluk pada mereka. Zona econ yang membuat perjanjian Internasional seperti Sunda Kalapa dengan Portugis dan Banda Neira dengan Inggris. Namun, pada nyatanya tidak ada kerajaan yang membuat perjanjian dengan pihak luar, lebih-lebih perjanjian tertulis.

Belanda tak mendekat pada zona econ. Merosotnya peran zona econ disebabkan tergesernya peran Tumenggung atau Dato Bandaro oleh sistem perbankan modern pada XIX M, bukan karena Belanda.

Zona econ memiliki tentara regulernya sendiri. Zona econ merupakan pusat peredaran uang. Melalui zona econ mengalir persebaran agama, peradaban, dan bahasa. Borobudur dibangun oleh zona econ Samarang untuk perayaan, dan Prambanan mereka bangun untuk pertunjukan Seni.

Samar orang Samarkand, Caucasia. Agama atau Kepercayaan mereka yang migrasi ke Andunisi (Indonesi) Islam, Katolik, monotheis, dan zion. Untuk mendirikan bangunan seperti Borobudur dan Prambanan mesti dengan biaya yang cukup besar. Tak bisa cuma dengan jampi-jampi.

Baca Juga

0 Comments

  1. Kalau penulis kurang jujur dalam menyajikan karya tulus, pasti dan pasti akan menyesatkan. Maka catatlah sejarah sebagaimana adanya. Syukur2 bisa…

  2. Sangat menginspirasi dan menopang semangat

  3. Sangat inspirasi, membantu menumbuhkan motivasi dan penopang semangat

Pin It on Pinterest

Share This