Mengenal Society 5.0

by | Sep 12, 2021 | Essai

Society 5.0 adalah konsep yang dirumuskan oleh mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe yang dikemukakan di ajang CeBIT, Hannover di Kota Hannover, Jerman pada tahun 2017. Konsep ini diresmikan pada 21 Januari 2019, ditandai oleh Kantor PM Jepang dengan meluncurkan roadmap super-smart society atau Society 5.0. Pemerintah Jepang mendefinisikan society 5.0 sebagai masyarakat yang terpusat pada manusia di mana dapat menyeimbangkan antara kemajuan ekonomi dengan penyelesaian masalah sosial menggunakan sistem yang mengintegrasikan dunia maya dan fisik (Arief Budiman,“Kolom pakar: Industri 4.0 vs Society 5.0”, 2020).
Sebagai catatan, tahapan masyarakat (society) berdasarkan sejarah manusia adalah :

  1. Society 1.0
    Society 1.0 didefinisikan sebagai kelompok orang yang berkumpul dan berburu dalam hidup, kemudian berdampingan secara harmonis dengan alam. Society 1.0 ini dimulai dari terciptanya manusia.
  2. Society 2.0
    Society 2.0 adalah suatu tahapan masyarakat yang mulai membentuk kelompok budidaya pertanian (bercocok tanam), peningkatan organisasi, dan pembangunan bangsa. Society 2.0 ini dimulai sejak 13.000 tahun sebelum masehi.
  3. Society 3.0
    Society 3.0 adalah masyarakat yang mempromosikan industrialisasi melalui Revolusi Industri 1.0. Society 3.0 ini dimulai sejak akhir abad 18.
  4. Society 4.0
    Society 4.0 adalah masyarakat informasi yang menyadari peningkatan nilai tambah dengan menghubungkan aset tidak berwujud sebagai jaringan informasi (informatif dan kreatif), Society 4.0 ini dimulai sejak pertengahan abad 20.
  5. Society 5.0
    Society adalah masyarakat informasi yang dibangun di atas society 4.0, yang bertujuan untuk masyarakat yang lebih makmur di mana manusianya menikmati hidup sepenuhnya. Pertumbuhan ekonomi dan perkembangan teknologi ada untuk tujuan itu dan bukan untuk kemakmuran segelintir orang.

Meskipun society 5.0 berasal dari Jepang, tujuannya bukan hanya untuk kesejahteraan satu negara. Kerangka kerja dan teknologi yang dikembangkan akan dan dapat memberikan kontribusi dan dampak yang positif untuk menyelesaikan tantangan masyarakat di seluruh dunia (Decky Hendarsyah, “E-Commerce di Era Industri 4.0 dan Society 5.0”, Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, Vol. 8, No. 2,2009)

Pekalongan, 01 September 2021

Baca Juga

1 Comment

  1. Erick

    Bagus..teruskan dengan ulasan ihwal perkembangan terkini teknologi Robot

  1. Kalau penulis kurang jujur dalam menyajikan karya tulus, pasti dan pasti akan menyesatkan. Maka catatlah sejarah sebagaimana adanya. Syukur2 bisa…

  2. Sangat menginspirasi dan menopang semangat

  3. Sangat inspirasi, membantu menumbuhkan motivasi dan penopang semangat

Pin It on Pinterest

Share This