“Mencuri” Adegan

by | Nov 7, 2021 | Essai

James Dean muncul di layar perak untuk tiga film saja setelah itu dia wafat. Debut Dean dalam Rebel without Caust. Namanya langsung mengorbit. Di luar sadar Rock Hudson, James Stewart, atau Burt Lancaster, Dean menghidangkan seni acting yang beda. Hemat dalam gerak, irit bicara (tentu berkat scenarist juga), penonton tertarik.

Ketika James Dean satu panggung layar dalam film bersama Rock Hudson yang sudah bekend duluan, Dean perlihatkan kecerdikannya, yang dalam seni pentas, disebut “mencuri” adegan. Rock Hudson diabaikan. Penonton Giant mau lihat Dean. Bukan Rock Hudson.

Politik itu kombinasi unsur-unsur knowledge, kecerdikan berpikir, dan seni. Tentu juga blood, betapa pun.

Dalam pertemuan dengan DPR, yang menjadi syarat bagi seseorang yang namanya diajukan ke DPR sebagai calon Panglima TNI, Jenderal Andika tiba-tiba menyita perhatian publik. Ia mengucapkan maaf. Karena DPR harus sidang, padahal hari Sabtu, katanya. Untuk menyampaikan semacam visi dan misi, Jenderal Andika mengatakan ia hanya akan gunakan waktu 5 menit. DPR langsung paham.

Publik juga paham dan respek.

Mungkin simpati sebagian publik kepada Jenderal Andika a.l disebabkan orang sudah letih dengan paket komunikasi politik yang dihidangkan oleh petinggi-petinggi pusat dan daerah. Tak berkelas.

Selamat untuk Jenderal Andika.
RSaidi

Baca Juga

0 Comments

  1. Kalau penulis kurang jujur dalam menyajikan karya tulus, pasti dan pasti akan menyesatkan. Maka catatlah sejarah sebagaimana adanya. Syukur2 bisa…

  2. Sangat menginspirasi dan menopang semangat

  3. Sangat inspirasi, membantu menumbuhkan motivasi dan penopang semangat

Pin It on Pinterest

Share This