Disiplin, Semangat, Kompak, Sportif

Dec 26, 2021 | Warta Berita

Views: 0

Selesai pelaksanaan PAS Ganjil, OSIS SMAN 1 Balong mengadakan kegiatan “Class meeting” (CM). Kegiatan yang rutin dilaksanakan setelah PAS atau PAT itu digelar kembali setelah vacum ketika pandemi covid-19. Pada CM tahun ini, ada lima perlombaan dan pertandingan yang terdiri-dari bola volley, futsal, tradisional dance, duet couple, dan mobile legends. Diikuti oleh seluruh kelas X, XI, dan XII yang berjumlah 13 kelas. Tiap kelas mempersiapkan wakilnya sebaik mungkin.

Kegiatan yang berlangsung sejak 16 – 23 Desember 2021 ini selain sebagai ajang kompetisi antar kelas, juga menjadi ajang pencarian bakat, mengembangkan disiplin, kerjasama, dan sportivitas. Sebagaimana sambutan Kepala Sekolah pada acara pembukaan. Pada acara yang dihadiri oleh seluruh guru dan karyawan SMAN 1 Balong itu, Mursid, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala Sekolah menyampaikan pentingnya kegiatan yang melibatkan seluruh murid.

“Anak-anak, jadikan classmeeting ini sebagai kompetisi yang sehat di antara kalian. Diperlukan kerjasama dan disiplin tinggi, baik dari segi waktu maupun disiplin ketika berlomba atau bertanding. Jangan lupa, junjung sportivitas,” lanjutnya.

Pada hari pertama setelah pembukaan, CM dimulai dengan lomba Mobile Legends. Sebuah lomba permainan dengan aplikasi. Kreativitas, kemampuan IT dan kekompakan tim sangat diperlukan pada lomba yang banyak diminati kawula muda itu. Pada hari-hari berikutnya CM dilanjutkan dengan pertandingan bola volley dan futsal. Kedua pertandingan itu cukup menyedot perhatian para murid. Dengan riuhnya memberikan semangat kepada tim kelasnya. Bahkan ketika babak final, para supporter menyiapkan drum dan bendera besar. Drum ditabuh diikuti yel-yel pemberi semangat. Luar biasa antusiasme murid-murid.

Pada CM kali ini guru-guru pun tidak mau ketinggalan, ikut berpartisipasi dalam pertandingan bola volley. Tim guru yang merupakan campuran bapak dan ibu guru/karyawan itu ternyata tak kalah dengan para murid, melaju hingga babak perempat final. Tentu semua itu dilakukan untuk memberikan support dan semangat pada para murid. Halaman depan dan halaman dalam sekolah yang terletak 15 Km dari pusat Kabupaten Ponorogo itu riuh dengan pertandingan bola volley dan futsal.

Hari terakhir pelaksanaan CM (23/12/2021), bertepatan dengan kegiatan penerimaan rapor semester Ganjil yang dihadiri oleh orang tua/wali murid. Panggung sederhana disiapkan OSIS dengan memanfaatkan serambi bagian depan sekolah yang posisinya memang tinggi. Lomba yang digelar pada hari itu adalah tradisional dance dan duet couple. Sengaja dilaksanakan bersamaan dengan pengambilan rapor, dimaksudkan juga sebagai unjuk kebolehan kepada para orang tua/wali murid. Kemeriahan menghiasi halaman depan sekolah. Suasana halaman sekolah yang teduh dengan pepohonan, memberi suasana nyaman bagi para penonton dan supporter. Tampilan demi tampilan bergantian menyuguhkan kebolehan para peserta baik dalam kreativitas busana, gerak tari, dan vokal, sekaligus menjadi hiburan yang menarik.

Acara diakhiri dengan upacara penutupan CM oleh Kepala Sekolah. Pada kesempatan ini, Kepala Sekolah mengajak seluruh warga sekolah mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan yang telah memberikan kelancaran dan kesuksesan acara CM dari awal hingga akhir. Ucapan terima kasih tak lupa pula disampaikan kepada pengurus OSIS dan seluruh peserta CM, bapak ibu guru dan karyawan yang telah mensukseskan kegiatan CM. Lebih lanjut Mursid, S.Pd.,M.Pd. mengatakan, “Banyak pelajaran berharga dari pelaksanaan Classmeeting ini. Terima kasih kepada aanak-anak, telah menunjukkan disiplin tinggi, menjaga kekompakan dan sportivitas. Dari awal hingga selesainya classmeeting ini. Semoga menambah semangat kalian dalam belajar”.

Setelah menutup secara resmi kegiatan CM, puncak acara siang itu berupa penyerahan hadiah kepada para juara dari setiap kategori lomba dan pertandingan. Sorak-sorai bergemuruh dari para siswa ketika kelasnya dinyatakan sebagai juara. Sebuah situasi yang lazim terjadi, dan tentu membawa nilai-nilai positif bagi seluruh warga sekolah.

Ponorogo, 23 Desember 2021

Baca Juga

0 Comments
  1. Kalau penulis kurang jujur dalam menyajikan karya tulus, pasti dan pasti akan menyesatkan. Maka catatlah sejarah sebagaimana adanya. Syukur2 bisa…

  2. Sangat menginspirasi dan menopang semangat

  3. Sangat inspirasi, membantu menumbuhkan motivasi dan penopang semangat

Pin It on Pinterest

Share This