Centrum Patung Kuda

by | Nov 10, 2021 | Essai

Dari segala monumen yang ada di Jakarta peringkat atas next to next Monas dan patung kuda. Patung Sukarno? Tak disebut orang.

Patung kuda menjadi sangat bekend karena menjadi centrum demo. Lokasi patung kuda sangat bersejarah dekat lapangan Gambir. Sebelah barat patung kuda hotel Benvenuto yang kini berikut Blavatsky telah jadi Gedung Satelindo.

Demo 10 November jatuh hari RĂ©bo yang dalam almanak Betawi artinya meriah. Tampaknya demo Aliansi pelbagai eksponen ini akan meriah. KSPI pimpinan Sayed Iqbal akan berdemo juga hari itu. Para aktivis seperti a.l Bunda Wati, Menu, dan Muslim Arbi bekerja keras. Tampaknya demo 10 November dipersiapkan dengan apik. Ini belun pernah terjadi dalam sejarah perdemoan yang saya ikuti dari dekat sejak tahun 1963.

Buat saya ini sangat membanggakan. Motivasi mereka tunggal: perubahan. Ini layak, karena objek yang mau dirubah kondisinya makin parah. Dicoba di-hebat-hebati tokoh yang baru mengikuti fora Internasional di Rome dan Glasgow dengan gunakan video Ratu Inggris 5 tahun lalu. Demikian hasil investigasi Tempo.

Tukang cempla’i demo juga tidak berusaha maksimal. Mereka fade away, karena hanya berbekal ilmu olah TKP tak cukup untuk hadapi aksi politik yang berdimensi luas berikut peserta yang setidaknya akan ratusan ribu di Jakarta saja, belum lagi serentak di pelbagai kota.

Dalam sejarah politik di Indonesia tidak pernah terjadi sebuah exhausted regime and system dirubah memakai cara cufras cafresy.

RSaidi

Baca Juga

0 Comments

  1. Kalau penulis kurang jujur dalam menyajikan karya tulus, pasti dan pasti akan menyesatkan. Maka catatlah sejarah sebagaimana adanya. Syukur2 bisa…

  2. Sangat menginspirasi dan menopang semangat

  3. Sangat inspirasi, membantu menumbuhkan motivasi dan penopang semangat

Pin It on Pinterest

Share This