Bergiat dan Berkiprah Atas Dorongan Jiwa

by | Oct 17, 2022 | Opini

Oleh : Hendrajit

Bukan kebetulan kalau pagi tadi saya share soal integritas dan kejujuran almarhum Ir. Sutami, pas saya lagi di Solo. Selain Pak Tami ini putra asli Solo, nama beliau juga diabadikan jadi nama jalan. Justru ketika saya melewati jalan Ir. Sutami di daerah palur itulah, saya terhenyak dan terpekur sesaat. Mengenang mantan Menteri PU di era Pak Harto ini.

Banyak komentar skeptis atau bahkan pesimis apa ada di zaman sekarang orang model Pak Tami. Saya tidak termasuk yang pesimis, tapi mencoba untuk realistis. Orang model Pak Tami sebenarnya masih banyak di tanah air. Saya bukan mengkhayal, tapi saya ada di tengah-tengah mereka sekarang. Yang bergiat di berbagai bidang, di jalan senyap. Orang-orang yang berkarya di bidang yang sesuai dengan minat dan ketertarikan khususnya sejak usia dini. Yang kemudian dikembangkan jadi bidang keahlian melalui pendidikan khusus pilihan mereka sendiri.

Seperti halnya Pak Tami, mereka bergiat dan berkiprah di bidang yang mereka suka, nggak peduli itu bikin dia kaya atau miskin. Pokoknya kerja yang disuka dan dicintainya. Ada yang bergerak dan bergiat di bidang IPTEK, di bidang kedokteran, di bidang fisika, di bidang sosial-budaya/seni, di bidang industri, di bidang pertanian, di bidang perminyakan. dan sebagainya.

Yang membedakan dulu di era Bung Karno dan Pak Harto, dibanding sekarang, kedua pemimpin nasional itu memilih para menterinya bukan karena rekam jejaknya pernah lulus jadi doktor atau tidak. Tapi rekam jejak apakah dalam bergelut di bidang keahlian tertentu, atas dorongan jiwanya dan bakat khususnya. Bukan karena orang yang berkeahlian atau lulusan sekolah tinggi. Itu saja nggak cukup.

Baca Juga

0 Comments

  1. Kalau penulis kurang jujur dalam menyajikan karya tulus, pasti dan pasti akan menyesatkan. Maka catatlah sejarah sebagaimana adanya. Syukur2 bisa…

  2. Sangat menginspirasi dan menopang semangat

  3. Sangat inspirasi, membantu menumbuhkan motivasi dan penopang semangat

Pin It on Pinterest

Share This