Bencana

by | Dec 8, 2021 | Opini

Bencana alam, adalah suatu peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia. Peristiwa alam dapat berupa banjir, letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami, tanah longsor, badai salju, kekeringan, hujan es, gelombang panas, tornado, angin puting beliung, kebakaran liar dan wabah penyakit.

Bencana tidak dapat dihindari merupakan pengisi alam semesta, tidak hanya menyangkut di bumi dan segala bentuknya, termasuk menyangkut sisi atas dalam bentuk angin, air. Dengan demikian bagaimana manusia bisa berbuat dengan langkah mengantisipasi, memberikan peringatan, membantu sesamanya dan tidak bsa berbuat lebih untuk mencegahnya terkait dengan bencana.

Alat pendeteksi bencana sangat dibutuhkan, apakah bisa terpenuhi walaupun sifat untuk mengetahui gerakan dibawah tanah dan peringatan dini, kesiapan dan lain-lain, paling tidak mengurangi meniadakan adanya korban jiwa. Bagaimana jika adanya sesutu hal yang lepas dari alat deteksi dan secara tiba-tiba bencana muncul dipermukaan, hal demikian menjadikan diluar perkiraan.

Berpulang pada diri manusia menghadapi keadaan alam saat ini, bumi semakin tua pengisinya silih berganti, dengan demikian akan menjadi lebih baik setiap masanya atau menjadi kemunduran setiap langkahnya. Di luar aspek alam semesta yang tidak diketahui secara pasti dan jelas, tentunya aspek dimaksud juga berpengaruh sangat signifikan jika manusia, tidak memperhatikan dengan seksama atas semua proses pembangunan, menjaga merawat alam yang ada saat ini akan berpengaruh besar dalam kehidupan manusia.

Tidak dipungkiri lagi keadaan alam saat ini bahwa gelombang bencana menjadi teman setia dan bersahabat setiap masanya, baik menimbulkan kerusakan lingkungan, kerusakan alam, korban jiwa, kerugian meterial lainnya dan tentunya berpengaruh pada sektor pertanian, perkebunan dan profesi manusia. Pemulihan keadaan membutuhkan waktu yang cukup panjang dan biaya yang cukup besar, dan tentunya keadaan dimaksud akan berpengaruh pada sisi ekononi, pendidikan, kesehatan dan kebutuhan berkelangsungan dalam kehidupan sehari-hari.

Apa faktor-faktor lainnya?, Dengan waktu yang cukup panjang pada tingkat pemulihan bagi lingkungan dan manusia, akan terus mengalir semua bantuan yang komprehensif, semoga.hal ini dapat terpenuhi dengan baik bagi saudara-saudara kita pada sisi kemanusiaan, dengan dihadapkan pula kondisi secara nasional dampak pandemi covid 19 serta pembiakannya.

Fakto-faktor psikologis akan membayangi setiap insan manusia, tidak mungkin akan selamanya tidur di alam yang bersifat sementara dengan waktu yang cukup panjang, semoga Allah SWT memberikan kekuatan dengan keadaan yang menjepit, tidak ada kenyamanan bagi keluarga, dan keluarga yang mengalami korban meninggal dunia dan luka-luka.

Faktor psikologis lainnya terkait faktor ekonomi dalam kebutuhan hidup lainnya, secara stimulus akan mengalami ketersendatan, jika profesi sebagai petani, buruh dan lain-lain yang tidak memiliki pekerjaan tetap dan mapan maka tingkat ketergantungan sangat tinggi. Dengan tinjauan tersebut maka perlu adanya perhatian yang sangat serius, apalagi saat ini pada musim penghujan tentunya lungkungan dan kondisi kesehatan tidak terjamin, maka akan bermuara timbulnya wabah penyakit.

Kondisi ini akan berpeluang menjadikan ancaman nyata berkelanjutan, menyangkut sisi-sisi lainya yakni faktor keamanan diri dan masyarakat secara luas. Semoga bencana segera berlalu dan kondisi lingkungan dan masyarakat terdampak tertangani dengan baik, cepat serta memberikan rasa nyaman dan pulih kembali keadaan seperti sediakala dan beraktifitas kembali.

Sby, 7 Desember 2021

Baca Juga

0 Comments

  1. Kalau penulis kurang jujur dalam menyajikan karya tulus, pasti dan pasti akan menyesatkan. Maka catatlah sejarah sebagaimana adanya. Syukur2 bisa…

  2. Sangat menginspirasi dan menopang semangat

  3. Sangat inspirasi, membantu menumbuhkan motivasi dan penopang semangat

Pin It on Pinterest

Share This